Daftar Populasi Sumatera Selatan yang Menjadi Kabupaten Dan Kota Terpadat

Populasi Sumatera Selatan

Populasi Sumatera Selatan, sebuah cerminan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia. Dalam eksplorasi ini, kita akan memandang lebih dekat pada populasi di berbagai kabupaten dan kota di provinsi ini.

Merupakan salah satu provinsi  yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Dalam provinsi ini terdapat berbagai wilayah dengan tingkat populasi yang tinggi. Menurut data Badan Pusat Statistik sumsel populasi penduduk wilayah ini sebesar 8.657.008 jiwa pada tahun 2022.

Populasi Sumatera Selatan

Berikut wilayah dengan Populasi Tertinggi Di Sumatera Selatan :

Mulai dari kesejukan Kota Palembang hingga keindahan alam Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, mari kita simak bagaimana jumlah penduduk menghiasi dan memperkaya kehidupan masyarakat Sumatera Selatan

1. Kota Palembang

Pelembang Djaja
Logo Palembang

Kota Palembang, ibukota Sumatera Selatan, memainkan peran sentral dalam pertumbuhan populasi provinsi ini. Dengan pesona Sungai Musi yang melintasi kota dan warisan sejarahnya yang kaya, Palembang menjadi magnet bagi penduduk yang mencari peluang pekerjaan dan kesejahteraan. Pengembangan infrastruktur dan kebijakan pemerintah lokal telah mendukung pertumbuhan populasi yang signifikan di ibukota provinsi.

Wilayah dengan populasi tertinggi di Sumatera selatan adalah Kota Palembang. Kota ini adalah ibu kota provinsi dan merupakan pusat pemerintahan dan ekonomi di Sumsel. Dengan populasi sekitar 1.707.996 jiwa pada tahun 2022, Palembang menjadi kota terpadat di provinsi ini.

Baca Juga  Universitas Terbaik Di Sumatera Selatan

2. Kab. Banyu Asin

Daftar populasi sumatera selatan - banyuasin
Sedulang setudung – Banyuasin

Banyu Asin, kabupaten yang berada di sebelah utara Kota Palembang, juga mencatat pertumbuhan populasi yang cukup tinggi. Dengan sektor pertanian yang kuat dan keindahan alam yang masih alami, kabupaten ini menarik penduduk dari berbagai lapisan masyarakat. Perkembangan industri dan program-program pemberdayaan masyarakat turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan demografi di Banyu Asin.

Luas Kabupaten Banyuasin 11.875 km(perssegi) di mana terdapat beberapa suku yang menetap di kabupaten ini, antara lain Jawa, Madura, Bugis, Bali dan Penduduk asli Melayu Banyuasin (Melayu Pesisir). Batas Wilayah Banyuasin mengelilingi 2/3 wilayah kota palembang, sehingga Banyuasin dapat dikatakan sebagai wilayah penyangga ibu kota provinsi Sumatra Selatan. kab. Banyu Asin menempati urutan ke-2 dengan populasi 852.576 jiwa .

3. Kab. Ogan Komering Ilir

Daftar populasi sumatera selatan di ogan komering ilir
Bende Seguguk

Ogan Komering Ilir, sebuah kabupaten yang dikenal dengan keindahan hutan dan sungainya, menjadi rumah bagi sejumlah besar penduduk. Pertanian dan perkebunan menjadi tulang punggung ekonomi di sini, menciptakan daya tarik bagi mereka yang mencari kehidupan yang lebih dekat dengan alam. Pertumbuhan penduduk yang seimbang antara perkotaan dan perdesaan menandai dinamika kehidupan di Ogan Komering Ilir.

Kabupaten Ogan Komering Ilir juga merupakan salah satu wilayah dengan populasi tertinggi di Sumatera selatan. Kabupaten ini terletak di sebelah timur Kota Palembang dan memiliki populasi sekitar 776.690 jiwa pada tahun 2022. Ogan Ilir memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang melimpah, sehingga menarik minat penduduk untuk tinggal di wilayah ini.

4. Kab. Ogan Komering ulu Timur (OKUT)

Logo ogan komering ulu timur
Populasi sumatera selatan di ogan komering ulu timur

Ogan Komering Ulu Timur, berada di ujung timur Sumatera Selatan, memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Hutan lindung, sungai yang mengalir deras, dan keberagaman budaya menjadi daya tarik utama. Meskipun berada di daerah yang lebih terpencil, pertumbuhan populasi yang stabil terjadi di sini, diiringi dengan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga  Artis Berdarah Sumatera Selatan : Artis Kito Nian

Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur adalah salah satu wilayah dengan populasi tertinggi di Sumatera selatan. Kabupaten ini berbatasan dengan Provinsi Lampung dan memiliki populasi sekitar 656.857 jiwa pada tahun 2022. Wilayah ini terkenal dengan potensi agrarisnya dan menjadi salah satu daerah penyangga ibu kota provinsi.

5. Kab. Musi Banyuasin (MUBA)

Serasan sekate musi banyuasin
Daftar populasi sumatera selatan – Musi Banyuasin

Musi Banyuasin, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Palembang, mengalami pertumbuhan pesat seiring dengan perkembangan ekonomi yang berpusat di sekitar sungai Musi. Dengan sektor pertanian yang kuat dan investasi dalam sektor pariwisata, Musi Banyuasin menjadi tempat yang menarik bagi penduduk lokal dan pendatang.

Kabupaten Musi Banyuasin terletak di Provinsi Sumatera Selatan dengan ibukota yaitu Kecamatan Sekayu. Kondisi geografis Kabupaten Musi Banyuasin terletak antara 103° – 104°45’ BT dan 1,3° – 4° LS dengan luas wilayah sebesar 14.265,96 km² atau sekitar 15% dari luas wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Musi Banyuasin didominasi oleh rawa dan sungai besar serta kecil seperti Sungai Musi, Sungai Banyuasin, dan lain-lain. Menurut data statistik tahun 2022 jumlah penduduk 633 124 jiwa pada tahun 2022.

Kesimpulan

Wilayah dengan populasi tertinggi di Sumatera Selatan lainya seperti Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Kab. Muara Enim, dan Kabupaten Musi Banyuasin ini dapat berperan penting dalam pembangunan provinsi ini

Populasi Sumatera Selatan tidak hanya mewakili angka statistik, tetapi juga cerita dan kehidupan di setiap kabupaten dan kota. Dari kehidupan perkotaan yang sibuk di Palembang hingga kedamaian desa-desa di Ogan Komering Ulu Timur, setiap daerah memiliki daya tariknya sendiri. Pertumbuhan populasi yang seimbang di berbagai wilayah mencerminkan keberhasilan upaya pemerintah dalam mengelola sumber daya dan menciptakan kondisi yang mendukung bagi penduduk.

Baca Juga  Istilah unik Sumatera Selatan : Wong Kito Nian

FAQ – Populasi Sumatera Selatan

1. Apakah pertumbuhan populasi di Sumatera Selatan terus meningkat?

Ya, sebagian besar daerah di Sumatera Selatan mencatat pertumbuhan populasi yang positif, terutama di kota-kota dan kabupaten yang mengalami perkembangan ekonomi dan infrastruktur.

2. Bagaimana dampak pertumbuhan populasi terhadap ekonomi daerah?

Pertumbuhan populasi dapat meningkatkan kebutuhan akan infrastruktur, layanan kesehatan, dan pendidikan, yang pada gilirannya dapat memberikan dorongan ekonomi bagi daerah tersebut.

3. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan pertumbuhan populasi?

Faktor-faktor seperti perkembangan ekonomi, kebijakan pemerintah, dan ketersediaan lapangan kerja dapat menjadi pendorong pertumbuhan populasi di Sumatera Selatan.

4. Bagaimana pemerintah daerah mengelola pertumbuhan populasi agar berkelanjutan?

Pemerintah daerah mengadopsi berbagai kebijakan untuk mengelola pertumbuhan populasi, termasuk pembangunan infrastruktur, program kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kondisi yang mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *