Apa itu ratio gear pancing?

Apa itu ratio gear reel pancing?

Ratio gear reel pancing merupakan ukuran perbandingan antara putaran handle dengan jumlah putaran spool reel. Ratio gear ini memiliki pengaruh yang besar terhadap performa dan fungsionalitas reel pancing. Oleh karena itu, penting bagi para pemancing untuk memahami dan memilih ratio gear yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Keunggulan menggunakan ratio gear yang tepat

1. Memaksimalkan daya tarik

Ratio gear yang tepat dapat membantu memaksimalkan daya tarik saat menarik umpan atau ikan. Ratio gear yang tinggi akan mempercepat putaran spool reel, sehingga memberikan kekuatan tarik yang lebih besar.

2. Mempermudah pelepasan umpan

Ratio gear juga dapat mempengaruhi kecepatan pelepasan umpan. Ratio gear yang rendah akan memberikan kekuatan tarik yang rendah, sehingga memudahkan pelepasan umpan, terutama saat menggunakan teknik casting.

3. Mengoptimalkan kelincahan

Ratio gear yang rendah akan memberikan kecepatan putaran spool reel yang lambat. Hal ini memungkinkan pemancing untuk mengontrol pelepasan dan penarikan umpan dengan lebih baik, terutama saat menggunakan teknik memancing joran.

Beberapa ratio gear yang umum digunakan
– 3:1: Ratio gear ini umum digunakan untuk memancing ikan berukuran kecil, seperti ikan mas, selar, krisi atau ikan mujair. Ratio gear ini memberikan kekuatan tarik yang rendah, sehingga mempermudah pelepasan umpan.

– 5:1: Ratio gear ini cocok digunakan untuk memancing ikan berukuran sedang, seperti ikan bentongan, sembadar, rawing, ikan nila atau ikan patin. Ratio gear ini memberikan kekuatan tarik yang cukup untuk menarik ikan dengan ukuran tersebut.

– 7:1: Ratio gear ini cocok digunakan untuk memancing ikan berukuran besar, seperti ikan tenggiri, barakuda atau ikan marlin. Ratio gear ini memberikan kekuatan tarik yang tinggi, sehingga mempermudah menangkap ikan dengan ukuran besar.
Mancing: Tips Memilih Reel dan Joran

Baca Juga  Umpan mancing jitu di sungai

Tips dalam memilih ratio gear reel pancing

– Pertimbangkan jenis memancing yang akan dilakukan. Jika memancing ikan berukuran kecil, pilih ratio gear rendah. Jika memancing ikan berukuran besar, pilih ratio gear tinggi.

– Perhatikan kekuatan tarik yang dibutuhkan. Jika memancing di perairan dengan arus yang kuat, pilih ratio gear tinggi untuk memaksimalkan daya tarik.

– Sesuaikan dengan kebiasaan memancing. Jika biasanya menggunakan teknik casting, pilih ratio gear rendah. Jika biasanya menggunakan teknik memancing joran, pilih ratio gear tinggi.

– Konsultasikan dengan pemancing berpengalaman atau toko alat pancing terpercaya untuk mendapatkan saran dalam memilih ratio gear yang tepat.

Tips mancing di laut untuk pemula

Dengan memahami ratio gear reel pancing dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan, pemancing dapat meningkatkan performa dan efektivitas dalam menangkap ikan. Selamat memancing Angler!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *