Universitas Terbaik Di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas. Secara keseluruhan, terdapat beberapa universitas terbaik di Sumatera Selatan yang telah memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Berikut adalah daftar universitas terbaik di Sumatera Selatan:

1. Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Unsri adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Sumatra Selatan, Indonesia. Universitas Sriwijaya memiliki sepuluh fakultas dengan dua lokasi kampus yaitu di Bukit Besar, Kota Palembang dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.
Pada tahun 2021, Unsri mendapatkan akreditasi Unggul yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). UNSRI juga dinobatkan sebagai kampus terluas di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara dengan luas 712 hektare.

Universitas Sriwijaya meraih prestasi pada pemeringkatan perguruan tinggi dalam pemanfaatan TIK untuk kegiatan pendidikan. Pada tanggal 1 Mei 2013 melalui acara Penganugerahan TeSCA Award 2013 di Jakarta telah diumumkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi yang melaksanakan atau memanfaatkan TIK dalam kegiatan pendidikan di lingkungan kampus, dan Universitas Sriwijaya meraih peringkat pertama untuk wilayah Sumatera atau peringkat 14 nasional dengan nilai indeks 4,091 (skala 5,000). Peningkatan prestasi ini cukup signifikan, mengingat pada tahun 2011 Universitas Sriwijaya menempati ranking 24 nasional dalam pemeringkatan TeSCA.
(Sumber : wikipedia)

Situs : (http://www.unsri.ac.id)

2. Politeknik Sriwijaya (POLSRI)

Politeknik Negeri Sriwijaya adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC Bandung. Pada fase kedua pada tahun 1986, Politeknik membuka Jurusan Tata Niaga dengan dua konsentrasi, Akuntansi dan Administrasi. Kemudian pada tahun 1987 Politeknik membuka prodi baru untuk bidang rekayasa: Program studi elektro, elektronika, telekomunikasi, dan teknik kimia industri. Pada tahun 1992 Jurusan Tata Niaga dipecah Menjadi dua jurusan yaitu Jurusan Akuntasi dan Jurusan Administrasi Niaga. Tenaga ahli yang membantu pengembangan bidang rekayasa berasal Swiss Contact, sementara ahli untuk bidang tata niaga berasal dari Australia menjadikan POLSRI sebagai salah satu universitas terbaik di sumatera selatan. (Sumber : wikipedia)

Baca Juga  Lagu Daerah Sumatera Selatan

Situs : (http://www.polsri.ac.id)

3. UIN Raden Fatah

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah merupakan universitas terbaik di sumatera selatan. UIN Palembang diberi nama Raden Fatah, yaitu seorang ulama dari Palembang dan pendiri Kerajaan Demak. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah atau sebelumnya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang diresmikan pada tanggal 13 Nopember 1964 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Sumatra Selatan. berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 1964 tanggal 22 Oktober 1964. Tujuan dengan tugas pokok IAIN/UIN tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 33/1985, yakni “menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di atas perguruan tingkat menengah yang berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dan secara ilmiah memberikan pendidikan pada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan agama Islam sesuai dengan perundang- undangan yang berlaku.” (Sumber : wikipedia)

Situs : (http://www.radenfatah.ac.id)

4. Universitas Muhammdiyah Palembang

UM- Palembang menjadi sala satu Universitas terbaik di sumatera selatan. Ide untuk mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah berbentuk Universitas dicetuskan oleh tokoh-tokoh muda Muhammadiyah yaitu: Drs. M. Djakfar Murod dan kawan-kawan seperti Drs. Sanusi Has, Drs. Al Hady Haq, Drs. Idris Halim, dan Drs. Fikhri Bastari. Pada tahun 1963 dari cetusan kelompok muda ini disambut baik oleh para tokoh pimpinan Muhammadiyah Wilayah Sumatera Selatan H. M. Siddik Adiem, K. H. Masyhur Azhari, Djama’in Sutan Marajo, M. Yunus, Datuk Rusli, Zamhari Abidin, S.H. yang akhirnya dikenal sebagai perintisnya.

Usaha mereka ini belum dapat diwujudkan karena berlakunya Undang-undang Nomor 22 tahun 1961, dimana persyaratan mendirikan Perguruan Tinggi Swasta minimal memiliki 4 (empat) Fakultas dan 2 (dua) di antaranya adalah Fakultas Eksakta. Pada tahun 1963 didirikan Fakultas Hukum dan Fakultas Filsafat Muhammadiyah (FHFM). FHFM inilah merupakan embrio Universitas Muhammadiyah Palembang. berikut visi dan misi dari UMP :

Baca Juga  Sungai Di Sumatera Selatan : Hidupkan Keindahan Alam

V I S I

“Menjadi Universitas nasional berkelas internasional yang unggul dalam ipteks berbasis keislaman”

Penjabaran visi tersebut adalah:

  1. Nasional; Berkualitas secara nasional sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  2. Berkelas internasional; UMPalembang melaksanakan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berwawasan dan berorientasi internasional.
  3. Unggul dalam ipteks; Menghasilkan ipteks dan produk penelitian yang unggul dan dapat diintegrasikan kedalam proses pembelajaran oleh setiap program studi.
  4. Berbasis keislaman; Seluruh aktivitas masukan, proses, output, dan outcame berbasis pada nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan.

M I S I

  1. Menyelenggarakan Catur Darma yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan IPTEKS.
  2. Menyelenggarakan tata kelola universitas dengan Good University Governance sehingga memiliki kemampuan bersaingan di tingkat nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan kerjasama nasional & internasional untuk pengembangan perguruan tinggi.
  4. Mengembangkan sumberdaya manusia yang memiliki integritas tinggi berdasarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
Situs : (https://www.um-palembang.ac.id)

5. Poltek AKAMIGAS Palembang

Sesuai dengan program Sumatera Selatan sebagai Lumbung Energi Nasional, Gubernur Sumatera Selatan Bapak Ir. Syahrial Oesman, MM mendukung pendirian Politeknik Akamigas Palembang melalui Yayasan Karya Bangsa.

Tindak lanjut dari dukungan Gubernur tersebut, pada tanggal 20 Agustus 2005 pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengirim surat dengan No. 2236/As.II/ 2005 kepada Menteri Pendidikan Nasional, perihal izin pendirian Politeknik Akamigas Palembang dengan 4 (empat) Program Studi yaitu :

  1. Laboratorium Minyak dan Gas.
  2. Pengolahan Minyak dan Gas.
  3. Eksplorasi Minyak dan Gas.
  4. Teknologi Pengolahan Batubara.

Izin pendirian Politeknik Akamigas Palembang diperoleh melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 224/D/O/2006 tanggal 28 September 2006 dan No. 4887/D/T/2006 tanggal 21 Desember 2006,

tentang pendirian 4 (empat) program studi yaitu :
  1. Laboratorium Minyak dan Gas.
  2. Pengolahan Minyak dan Gas.
  3. Eksplorasi Minyak dan Gas.
  4. Teknologi Pengolahan Batubara.

Berdasarkan surat izin tersebut, Politeknik Akamigas Palembang mulai melaksanakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2006/2007 dengan 2 program studi, yaitu :

  1. Laboratorium Minyak dan Gas
  2. Pengolahan Minyak dan Gas
Baca Juga  Wilayah Paling Rawan Di Sumatera Selatan : Gotham City

Jumlah mahasiswa yang diterima adalah 19 orang pada Program Studi Laboratorium Migas dan 35 orang Program Studi Pengolahan Migas.

Peresmian pelantikan dan kuliah perdana mahasiswa baru angkatan pertama 2006/2007 dilakukan pada tanggal 13 Desember 2006 oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. Syahrial Oesman, MM., General Manager PT. PERTAMINA (Persero) UP III Plaju, Bapak Ahmadi Hario dan Ketua Yayasan Karya Bangsa, Bapak Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc.

Pada tahun akademik 2007/2008, Politeknik Akamigas Palembang telah dapat menyelenggarakan 4 (empat) program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 114 mahasiswa/i.

Situs : (https://www.akamigaspalembang.ac.id)

 

Inilah universitas terbaik di Sumatera Selatan yang telah memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan reputasi yang tinggi dan program studi yang berkualitas, universitas-universitas ini menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Sumatera Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *