5 Trik Mudah Mempercepat Download di HP Android Semua Merk

mempercepat download di HP

Mempercepat download di Hp dan penggunaan ponsel secara lancar tanpa ada masalah adalah dambaan setiap orang. Tetapi faktanya saat melakukan unduhan download tidak kelar-kelar padahal sizenya filenya kecil, yang kecil aja sering berhenti atau stuck akhirnya karena kita kesal terus di batalin.

Di era digital seperti sekarang ini, kecepatan download sangatlah penting. Banyak dari kita yang mengunduh berbagai jenis file seperti musik, video, atau aplikasi dan streaming nonton pun termasuk kategori kedalam download. Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada memulai sebuah download yang berjalan dengan sangat lambat apalagi jika kita lagi dikejar waktu.

Namun jangan panik, dengan beberapa trik jitu, kamu dapat meningkatkan kecepatan download di semua HP Android kamu.

Cara Mempercepat Download di HP

Semakin berkembangnya jaman dan teknologi, kegunaan ponsel tidak terbatas hanya digunakan untuk berkomunikasi seperti menelfon atau mengirim pesan melalui sms. Dengan adanya perkembangan jaman serta internet, ponsel sudah bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya banyak digunakan untuk mengunduh.

Setiap orang ingin mempercepat download di Hp android, apalagi dengan tingginya pecinta korean, banyak sekali orang-orang terutama cewek mengunduh film dan drama korea dari grup telegram.

Nah, berikut cara membuat unduhan di android bisa menjadi lebih cepat atau nonton di website.

1. Aplikasi Download Manager

adm membantu mempecepat download di Hp
ADM membantu mempecepat download di Hp

Salah satu cara yang paling efektif untuk mempercepat download di Hp adalah dengan menggunakan aplikasi download manager.

Aplikasi semacam ini dapat membantu mengoptimalkan kecepatan unduhan kamu dengan mengelola proses download secara efisien. Kamu juga bisa mengatur kecepatan internet kamu, apakah dibuat lebih besar ke download sehingga file yang di unduh akan lebih cepat, atau dibuat lebih besar ke upload, jadi pada saat kamu mengunggah file membuat lebih cepat daripada download.

Baca Juga  Cara Buat Serta Pasang Foto Profil WA Bergerak Online

Tetapi kalau kamu tidak paham atau takut berefek ke pengaturan yang lain, sebaiknya pilih yang seimbang saja antara download dan upload.

Beberapa contoh aplikasi download manager yang populer di Play Store adalah Internet Download Manager, Advanced Download Manager, dan Turbo Download Manager.

2. Memakai VPN

VPN Gratis Andorid Tercepat
VPN Gratis Andorid Tercepat

VPN tidak hanya bermanfaat untuk keamanan internet, tetapi juga dapat membantu mempercepat download di HP Android. Dengan menggunakan VPN, kamu bisa mengakses server yang lebih cepat atau meminimalkan pembatasan kecepatan yang mungkin diterapkan oleh penyedia layanan internet.

Biasanya semakin dekat kamu dengan server file berada, maka kecepatan unduhan kamu akan lebih cepat. Itulah fungsinya VPN selain sebagai aplikasi yang membuat kita aman tetapi juga merubah alamat IP kita menjadi negara lain.

Dengan demikian, unduhan kamu akan menjadi lebih cepat dan lancar. Ada banyak aplikasi VPN terbaik yang bisa kamu instal di HP Android kamu dan di rekomendasikan di google play store.

3. Menggunakan Jaringan yang Tepat

force lte bisa membantu mempercepat download di Hp
force lte bisa membantu mempercepat download di Hp

Pilihan jaringan yang kamu gunakan juga dapat mempengaruhi kecepatan download kamu. Jika kamu memiliki pilihan untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, pastikan kamu terhubung ke jaringan yang stabil dan memiliki kecepatan download yang cukup tinggi.

Hindari mengunduh file besar menggunakan jaringan seluler seperti 3G atau 4G, karena kecepatan downloadnya cenderung lebih lambat. Lebih baik gunakan jaringan Wi-Fi yang lebih cepat dan stabil.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat jaringan di ponsel android selalu 4g menggunakan teknik force LTE.

Jaringan kamu akan lebih cepat dari biasanya, tetapi teknik ini mempunyai kelemahan. Yaitu tidak bisa menerima panggilan seluler karena di Indonesia untuk saat ini masih berada di 3G. Jadi pada saat kamu menggunakan force LTE, orang lain tidak akan bisa memanggil ke nomor kamu ataupun mengirim dan menerima SMS.

Baca Juga  Download Game Two Horns APK V1.2.0 yang Lagi Viral

4. Jangan Mendownload Secara Bersamaan

download file bersamaan
Jangan mengunduh file secara bersamaan

Biasanya karena kita tidak sabaran untuk menyelesaikan unduhan yang banyak, kita malah melakukan download secara sekaligus bersaamaan. Justru itu adalah hal yang salah, bukannya jadi mempercepat download malah membuat beban ke jaringan internet yang ada di ponsel kamu.

Ketika kamu mengunduh banyak file secara bersamaan, contohnya misalkan download foto secara bersamaan sekaligus di whatsapp, kecepatan download kamu akan terbagi. Daripada mendownload banyak file dalam satu waktu, lebih baik fokus pada satu file download untuk memaksimalkan dan mempercepat download di Hp.

Jika kamu ingin mengunduh beberapa file sekaligus, prioritaskan file yang paling penting untuk kamu dan biarkan yang lainnya untuk diunduh setelahnya.

5. Menggunakan DNS

cloudflare dns
aplikasi dns cloudflare

DNS (Domain Name System) adalah layanan yang mengonversi alamat website ke alamat IP yang dapat dipahami oleh komputer. Menggunakan DNS yang cepat dan stabil dapat meningkatkan kecepatan dan stabilitas saat mengakses internet, termasuk saat melakukan download.

Optimalkan kecepatan download dengan mengganti DNS. Beberapa aplikasi di HP Android memungkinkanmu untuk menggunakan DNS yang lebih cepat, seperti Google DNS atau OpenDNS. Mengubah DNS dapat meningkatkan resolusi nama domain, sehingga akses ke server menjadi lebih efisien.

Setelah mengonfigurasi DNS, uji kecepatan koneksi internet kamu menggunakan aplikasi pengukur kecepatan. Periksa apakah ada peningkatan dalam kecepatan unduh dan unggah setelah menggunakan DNS baru.

Kesimpulan

Mempercepat download di HP Android bukanlah tugas sulit jika kamu mengenal trik-trik yang efektif. Dari penggunaan aplikasi download manager hingga optimasi jaringan, setiap trik memiliki dampak positif pada kecepatan download perangkatmu.

Jika koneksi kamu sudah stabil, cara diatas dapat berguna untuk mempercepat download di Hp. Selain itu kamu tidak harus menggunakan semua cara diatas, cukup gunakan beberapa saja dan ketika sudah ada cara mempercepat unduh yang berhasil, kamu tidak harus mencoba yang lain karena jika terlalu banyak memasang aplikasi dan tidak terpakai bisa membuat ponsel kamu menjadi berat.

Baca Juga  6 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi hp Android Lemot

FAQ – Mempercepat Download di HP Android

1. Apakah aplikasi download manager aman digunakan?

Ya, sebagian besar aplikasi download manager terkemuka adalah aman digunakan. Pastikan untuk mengunduh dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

2. Apakah VPN dapat mempengaruhi keamanan data saat mendownload?

VPN dirancang untuk meningkatkan keamanan internet, termasuk saat mendownload. Namun, pastikan untuk menggunakan VPN yang terpercaya dan dapat diandalkan.

3. Apakah menggunakan jaringan seluler lebih cepat daripada Wi-Fi untuk mendownload?

Tergantung pada kecepatan jaringan seluler dan Wi-Fi yang tersedia. Jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi biasanya memberikan hasil download yang lebih cepat dibandingkan dengan data seluler.

4. Apa yang harus dilakukan jika kecepatan download tetap lambat meskipun sudah menggunakan trik di atas?

Periksa kembali kondisi jaringan dan pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan bandwidth secara besar-besaran. Jika masalah tetap persisten, hubungi penyedia layanan internetmu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *