Aplikasi Foto Efek Bokeh yang Wajib Kamu Punya di Android

Aplikasi Foto dengan Efek Bokeh

Aplikasi foto dengan efek bokeh di Android sangat banyak dicari terutama bagi mereka yang suka dengan dunia fotografi. Karena salah satu tren fotografi yang populer adalah efek bokeh. Nah, di dunia aplikasi, banyak yang menawarkan kemampuan menghasilkan efek bokeh yang memukau di foto-foto kamu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas aplikasi foto bokeh yang wajib kamu punya di ponsel Androidmu. Mulai dari definisi efek bokeh hingga rekomendasi aplikasi terbaik, ayo eksplorasi dunia kreatifitas fotografi kamu!

Apa Itu Efek Bokeh?

bokeh
foto bokeh

Bokeh berasal dari bahasa Jepang ‘boke’ yang secara harfiah berarti blur. Teknik Bokeh mengacu pada area gambar yang tidak fokus , terutama area yang sangat buram. Ini muncul sebagai bentuk bulat yang khas di latar belakang

Efek bokeh terjadi ketika latar belakang foto menjadi buram, sementara objek utama tetap tajam. Ini memberikan kesan artistik dan membuat subjek terlihat lebih menonjol.

Mengapa perlu mencobanya? Karena efek ini mampu membuat foto terlihat lebih profesional dan estetik.

Menggunakan aplikasi foto bokeh di Android lebih praktis daripada membawa-bawa kamera mahal.

Dengan ponselmu, kamu dapat dengan mudah menghasilkan efek bokeh tanpa perlu peralatan fotografi yang canggih. Praktis, bukan?

Rekomendasi Aplikasi Foto Bokeh Terbaik untuk Android

Kini saatnya untuk melihat beberapa aplikasi foto terbaik yang dapat membantu kamu menciptakan efek bokeh yang menakjubkan di foto-foto Androidmu.

Mari kita temukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera fotografi kamu.

1. Snapseed

aplikasi foto bokeh snapseed
aplikasi foto bokeh snapseed

Snapseed, sebuah aplikasi pengeditan foto yang mempunyai efek bokeh, dikembangkan oleh Google yang telah mengakuisisi android.

Fitur Lens Blur menawarkan kemampuan untuk menciptakan efek bokeh yang indah, memberikan fokus yang dramatis pada objek utama dan mengaburkan latar belakang dengan lembut.

Bagi mereka yang ingin mengeksplorasi imajinasi artistik mereka, efek paparan ganda dan kilau glamor memberikan opsi yang menarik.

Teknologi canggih seperti HDR Scape meningkatkan detail pada gambar, sementara fungsi recovery memungkinkan pengguna untuk menghilangkan objek atau detail yang tidak diinginkan dengan mudah.

Baca Juga  Rekomendasi Main Game Bareng Pacar di Jamin Seru

2. AfterFocus

aplikasi afterfocus foto bokeh
aplikasi afterfocus foto dengan efek bokeh

Salah satu fitur utama AfterFocus adalah kemampuan untuk menentukan area fokus dalam gambar. Pengguna dapat dengan mudah menandai area yang ingin difokuskan dengan kuas yang diberikan.

Selanjutnya, mereka dapat menandai area yang ingin tetap kabur, memberikan kesan kedalaman dan fokus yang lebih tajam pada subjek utama.

Selain itu, AfterFocus juga menyediakan fitur lain seperti efek bokeh yang dapat disesuaikan, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bentuk dan intensitas bokeh.

Ini memberikan kesempatan untuk menciptakan efek visual yang unik dan menambahkan sentuhan artistik pada foto.

3. VSCO

aplikasi VSCO foto dengan bokeh
Aplikasi VSCO

VSCO, singkatan dari Visual Supply Company, adalah lebih dari sekadar aplikasi pengeditan foto; itu adalah komunitas kreatif yang memadukan elemen fotografi, pengeditan, dan berbagi.

Aplikasi ini menonjol dengan estetika yang bersih, sederhana, dan fokus pada pengembangan keterampilan foto serta penciptaan gaya unik pengguna dengan efek bokeh.

Selain itu, VSCO memiliki fitur DSCO yang memungkinkan pengguna membuat GIF pendek dengan sentuhan filter VSCO, menambahkan dimensi baru pada berbagi momen visual. Setelah GIF jadi kamu bisa pasang menjadi foto profil WA yang bergerak.

4. Pixlr

pixlr aplikasi foto bisa bokeh
Memfoto menggunakan pixlr

Pixlr, sebuah aplikasi pengeditan foto dan desain grafis, membuka pintu untuk kreativitas visual dengan antarmuka yang sederhana namun bagus termasuk untuk bokeh.

Dirancang oleh 123RF, Pixlr menawarkan solusi pengeditan yang sangat fungsional untuk berbagai tingkat keahlian, mulai dari pemula hingga profesional.

Pixlr menawarkan dua mode utama: Pixlr E (Editor) dan Pixlr X (Express). Mode Editor, yang menawarkan pengeditan yang lebih mendalam, memberikan berbagai alat seperti perekaman dan penyesuaian kecerahan, kontras, dan saturasi, serta fitur-fitur lanjutan seperti kurva warna dan lapisan.

Mode Express menyediakan pengeditan yang lebih cepat dengan alat-alat sederhana namun cukup bagus untuk pengeditan gambar sehari-hari.

Dengan ekspor yang mudah ke berbagai format seperti PNG, JPEG, atau bahkan format PSD (Photoshop), Pixlr memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berbagi karya mereka dengan dunia atau cukup dengan meyimpan pada galeri – file manager di ponsel android mu.

5. Lens Distortions

Salah satu fitur unggulan Lens Distortions adalah koleksi elemen visual yang mencakup flare cahaya, hujan salju, percikan air, dan berbagai efek atmosfer lainnya.

Pengguna dapat dengan mudah menambahkan elemen ini ke gambar mereka dengan sekali ketuk, memberikan dimensi baru pada suasana dan komposisi.

Aplikasi Lens Distortions menyediakan library efek foto bokeh yang lengkap, kamu bisa menambahkan sentuhan profesional pada foto-foto kamu dengan cepat.

Baca Juga  Cara Mengatasi Masalah Whatsapp Web Error Tidak Bisa Login

Lens Distortions juga menyediakan fitur tambahan seperti “Layers” yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa efek secara bersamaan, menciptakan komposisi yang lebih kompleks.

Selain itu, pengguna dapat menyimpan preset favorit mereka untuk penggunaan berulang atau berbagi dengan komunitas.

6. Bokeh Cam FX

aplikasi bokeh cam fx foto efek bokeh
Aplikasi Bokeh Cam Fx

Dengan fokus pada menciptakan latar belakang yang kabur dan menonjolkan subjek utama, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memberikan sentuhan artistik pada gambar mereka dengan mudah.

Salah satu fitur utama Aplikasi Foto Bokeh Cam FX adalah kemampuannya untuk membuat area latar belakang gambar menjadi kabur, memberikan kesan kedalaman dan fokus pada objek utama.

Pengguna dapat memilih bentuk dan ukuran bokeh sesuai dengan preferensi mereka, menciptakan efek visual yang unik.

7. Cymera

aplikasi cymera
aplikasi cymera aplikasi foto dengan efek bokeh

Aplikasi Cymera menyediakan berbagai filter dan efek foto yang dapat diterapkan langsung saat pemotretan atau setelahnya pada tahap pengeditan mencakup filter artistik, efek vintage, efek bokeh, dan banyak lagi.

Mode kecantikan Cymera menyediakan alat untuk meratakan kulit, memutihkan gigi, dan menyesuaikan fitur wajah lainnya.

Cymera menyertakan berbagai stiker dan bingkai yang dapat ditambahkan ke foto, memberikan sentuhan kreatif dan bermain-main pada gambar.

8. PixArt

PixArt menyediakan alat dasar seperti pemotongan gambar, penyesuaian kecerahan, kontras, saturasi, dan tingkat kebisingan. Ini memungkinkan pengguna untuk mengedit aspek-aspek dasar gambar dengan mudah.

Aplikasi ini menyertakan berbagai filter foto dan efek kreatif yang dapat diterapkan pada gambar untuk memberikan tampilan yang berbeda dan unik salah satunya bokeh.

Nah, PixArt mendukung penyimpanan cloud, memungkinkan pengguna menyimpan proyek mereka secara aman dan mengaksesnya dari berbagai perangkat. Selain itu, hasil akhir dapat dengan mudah dibagikan melalui berbagai platform media sosial seperti Whatsapp, Tiktok atau Instagram.

9. AirBrush

aplikasi airbrush
airbrush aplikasi foto dengan efek bokeh

Dengan fokus pada kecantikan dan penyempurnaan, AirBrush menawarkan berbagai alat untuk retouching wajah, mempercantik kulit, dan menambahkan efek glamor.

Aplikasi foto AirBrush menawarkan efek dengan satu sentuhan, wajahmu bisa lebih menawan dengan latar belakang bokeh yang indah.

AirBrush cocok untuk mereka yang ingin meningkatkan penampilan diri dalam foto tanpa memerlukan keterampilan pengeditan foto yang rumit.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencapai hasil profesional dalam hitungan detik, menciptakan foto-foto yang lebih menarik dan sesuai dengan standar kecantikan yang diinginkan.

10. Bokeh Photo Editor

Bokeh Foto Editor adalah sebuah aplikasi pengeditan foto yang menonjolkan efek bokeh, menciptakan latar belakang yang kabur dan menonjolkan subjek utama dengan cara yang estetik.

Selain efek bokeh, aplikasi ini juga menyediakan berbagai filter tambahan yang dapat meningkatkan tampilan keseluruhan foto dan memberikan sentuhan artistik tambahan.

Baca Juga  8 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik Android Hasil Jernih

11. Insta Bokeh

Aplikasi Insta Bokeh adalah perangkat lunak pengeditan yang memungkinkan pengguna memberikan efek blur pada gambar mereka.

Dengan fokus pada memberikan tampilan bokeh yang mempesona, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan keindahan foto.

Gak perlu repot-repot pindah-pindah aplikasi. Insta Bokeh punya fitur khusus buat nambahin efek bokeh langsung di Instagram. Gampang banget!

12. Blur Photo

Aplikasi blur foto adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan efek blur pada gambar mereka atau efek bokeh pada kamera android kamu.

Tujuannya adalah memberikan fokus pada subjek utama sambil mengaburkan latar belakang atau elemen yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa aplikasi foto bokeh terbaik yang wajib kamu punya di Android. Dari yang sederhana hingga profesional, pilihan ada di tanganmu.

Mulailah menjelajahi kreativitas fotografi kamu dengan aplikasi-aplikasi ini dan lihat bagaimana foto-foto kamu bertransformasi menjadi karya seni yang memukau!

FAQ Unik

  1. Bisa gak sih aplikasi foto bokeh ini dipake buat selfie di malam hari?

    Tentu bisa! Beberapa aplikasi di atas punya fitur yang oke buat nambahin efek bokeh di kondisi cahaya yang minim.

  2. Apa bedanya efek bokeh di aplikasi dengan di kamera DSLR?

    Meskipun gak sepenuhnya sama, efek bokeh di aplikasi bisa memberikan hasil yang cukup mirip dengan kamera DSLR, terutama di kondisi cahaya yang bagus.

  3. Bagaimana caranya agar efek bokeh terlihat lebih natural?

    Untuk efek bokeh yang lebih natural, coba atur tingkat keburaman dengan hati-hati dan sesuaikan dengan kondisi cahaya saat pengambilan foto.

  4. Adakah aplikasi bokeh yang cocok buat pemula yang baru belajar fotografi?

    Tentu ada! Aplikasi seperti Blur Photo atau Insta Bokeh sangat ramah pengguna dan cocok untuk pemula yang baru belajar fotografi.

  5. Apa yang membuat aplikasi Lens Distortions unik dibanding yang lain?

    Keunikan Lens Distortions terletak pada efek bokeh yang sangat realistis. Library efek yang lengkap membuatnya menjadi pilihan unggul bagi mereka yang menginginkan hasil yang mendekati kamera sungguhan.