Ngantuk di Kantor? Ini Dia Titik Pijat Menghilangkan Kantuk di Kantor

Titik pijat menghilangkan kantuk. Kita semua pernah merasakan kantuk yang mendadak ketika sedang bekerja di kantor. Ini bisa sangat mengganggu produktivitas kita.

Alih-alih langsung mencari kopi, kamu bisa mencoba solusi yang lebih sehat dan alami yaitu pijat. Pijatan pada titik-titik tertentu di tubuh dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dengan efektif.

Pijat adalah sebuah teknik yang melibatkan pemijatan atau tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk menghasilkan efek relaksasi dan meredakan ketegangan.

Ini adalah solusi alternatif yang murah, efektif, dan dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, tanpa perlu pergi ke ahli pijat profesional.

Alasan mengapa titik pijat menghilangkan kantuk adalah solusi

Rasanya, kita semua pernah mengalami momen kantuk datang begitu saja, terutama saat kita harus berurusan dengan pekerjaan kantor yang menumpuk.

Matamu mungkin terasa begitu berat dan sulit untuk tetap terjaga dan terkadang menjadi susah berkomunikasi gara-gara kantuk yang merusak konsentrasi.

Nah, sebelum kamu berpikir untuk minum kopi lagi, pertimbangkan untuk mencoba cara alternatif yang lebih sehat yaitu tekan di titik pijak agar menghilangkan kantuk.

  1. Tersedia Kapan Saja
    Salah satu keuntungan besar dari pijat adalah bahwa kamu dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja. Kamu tidak perlu pergi ke tempat pijat atau mencari ahli pijat profesional. Kamu bisa melakukan pijatan ini sendiri atau meminta bantuan dari teman atau rekan kerja.
  2. Murah
    Pijatan adalah solusi yang ekonomis. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk sesi pijat yang mahal. Kamu hanya perlu mengetahui titik-titik yang perlu dipijat dan cara melakukannya dengan benar sehingga kantuk jadi hilang.
  3. Efektif
    Pijatan pada titik-titik tertentu di tubuh dapat menghasilkan efek yang sangat efektif. Ini termasuk meredakan ketegangan, meningkatkan sirkulasi darah, merilekskan otot-otot yang tegang, dan bahkan meremajakan mata. Apalagi pada saat mata sudah sangat mengantuk dan atasan melihat kita mungkin akan menjadi penilaian yang buruk di mata atasan atau kantor.
  4. Tidak Memerlukan Peralatan Khusus
    Kamu tidak perlu peralatan khusus untuk melakukan pijatan ini. Hanya dengan tanganmu sendiri, kamu bisa merasakan manfaatnya.
  5. Meningkatkan Kewaspadaan
    Pijat dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan energi. Ini sangat berguna ketika kamu merasa kantuk di tengah hari kerja yang panjang.
Baca Juga  Cara Memilih Jeruk Manis

Titik Pijat Menghilangkan Kantuk

Dilansir dari Cigna, pijatan dapat memberikan energi jika dilakukan di titik yang tepat dan bisa menghilangkan kantuk serta lelah di tempat kerja, berikut titik pijat untuk menghilangkan ngantuk.

Titik pijat menghilangkan kantuk di kantor

Zhong Chong

titik pijat menghilangkan kantuk
Zhong Cong – titik pijat menghilangkan kantuk

Titik ini berada di ujung jari. Pijatan pada titik ini dapat membantu merangsang energi yang mungkin terasa tertahan dalam tubuh. Ini juga dapat membantu tubuh dalam menyeimbangkan jam biologisnya, yang mengatur kapan kita merasa tidur dan terjaga. Untuk memijatnya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Lenturkan tangan dengan merenggangkan jari-jari.
  • Gunakan tangan lain untuk menekan titik Zhong Chong secara lembut.
  • Pijatan yang lembut ini dapat membantu mengembalikan kewaspadaan.

He Gu

titik akupunktur hegu untuk migrain
Hegu – titik pijat menghilangkan kantuk

Titik ini terletak di antara jari telunjuk dan ibu jari, baik di tangan kanan maupun kiri. Pijatan pada titik ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Dengan peningkatan sirkulasi darah ini, otak dan tubuh kita akan mendapatkan suplai oksigen yang lebih baik, membantu kita tetap terjaga. Langkah-langkahnya adalah:

  • Tekan titik He Gu dengan jempol tangan yang lain.
  • Berikan tekanan yang cukup kuat, tapi masih nyaman.
  • Tahan tekanan ini selama beberapa detik sebelum melepaskannya.

Feng Chi

titik fengci
Fengchi – titik pijat menghilangkan kantuk

Titik ini terletak di belakang leher, dekat pangkal tengkorak. Pijatan pada titik ini dapat membantu membersihkan otak dari ketegangan dan kabut mental yang mungkin menyebabkan kelelahan. Untuk memijat titik Feng Chi, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Tekan titik ini dengan lembut sambil menarik napas dalam-dalam.
  • Jika merasa nyaman, kamu juga bisa melakukan gerakan menggosok ringan pada area ini.
  • Pijatan di titik ini membantu melepaskan ketegangan leher dan kepala.
Baca Juga  Cara Merawat Baterai Laptop: Maksimalkan Umur Baterai Kamu!

Jing Ming

Titik ini terletak di sudut dalam setiap mata. Pijatan pada titik ini dapat membantu meremajakan mata dan mengurangi kelelahan mata, terutama jika kita sering menatap layar komputer. Untuk memijat titik ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Letakkan ibu jari di atas tulang titik Jing Ming.
  • Tekan dengan lembut ke arah dalam dan sedikit ke atas.
  • Pastikan tidak ada ketidaknyamanan saat melakukan pijatan ini, dan hindari menyentuh bola mata.

Dengan memahami dan mencoba titik-titik pijat ini, kamu dapat menghilangkan rasa kantuk di kantor secara alami dan meningkatkan kewaspadaanmu tanpa perlu minum terlalu banyak kopi sehingga menjadi karyawan yang lebih profesional. Selamat mencoba!

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *