Mengenal Apa Itu Dark Web, Pengertian dan Cara Masuk

Pernahkah anda mengenal istilah dark web atau deep web? Jika belum anda harus baca artikel yang menarik ini, karena apa yang kita lihat di internet selama ini hanya sebagian kecilnya saja.

Data-data privasi dan segala macam bentuk ekstrem terdapat di dalam dark web, karena tidak semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah.

Apa Itu Dark Web?

Dark web atau disebut juga dengan deep web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diakses secara langsung melalui mesin pencari seperti Google atau Bing. Dalam pengertian sederhana deep web merupakan bagian tersembunyi dari internet dimana pengguna dapat menjelajah dengan anonimitas yang tinggi, sehingga menjadi tempat yang ideal bagi aktivitas ilegal atau tidak sah. Mari mengenal lebih jauh apa itu dark web.

Transisi dari Surface Web ke Dark Web

Darkweb sangat berbeda dengan surface web – bagian dari internet yang dapat diakses oleh semua orang. Untuk mengakses deep web, seseorang perlu menggunakan perangkat lunak tertentu yang memungkinkannya untuk terhubung dengan jaringan tersembunyi.

Kenapa Disebut Dark Web

Dark web disebut sebagai “dark” karena aktivitas yang terjadi di dalamnya sering kali ilegal atau berbahaya. Lingkungan yang tidak termonitor dan anonimitas yang tinggi membuat darkweb menjadi tempat yang dijadikan sarang oleh para penjahat komputer, pedagang narkoba, dan pencuci uang untuk menjalankan operasi mereka.

Baca Juga  Sejarah Internet di Indonesia

Apa Saja yang Ada di Dark Web?

1. Forum dan Pasar Gelap

Di dark web, terdapat berbagai forum dan pasar gelap yang menjual segala jenis barang dan jasa. Mulai dari narkoba, senjata, data pribadi, hingga alat hacking dapat ditemukan di pasar gelap ini. Transaksi dalam pasar gelap ini umumnya menggunakan mata uang digital seperti Bitcoin untuk menjaga anonimitas pengguna.

2. Layanan Keamanan dan Hacking

Di dark web juga banyak tersedia layanan yang berkaitan dengan keamanan dan hacking. Mulai dari jasa pembuatan virus komputer, ransomware, hingga layanan hacking dan peretasan sistem. Hal ini sangat buruk bagi keamanan siber secara umum, karena upaya peretasan semakin mudah dilakukan di lingkungan yang tidak termonitor ini.

3. Konten Ilegal

Selain transaksi ilegal, darkweb juga penuh dengan konten ilegal. Mulai dari pedofilia, perdagangan manusia, hingga tindakan kekerasan dapat ditemukan di darkweb. Konten-konten ini seringkali disembunyikan dengan teknologi yang rumit untuk menghindari deteksi pihak berwenang.

4. Komunikasi Anonim

Salah satu fokus utama pengguna dark web adalah menjaga anonimitas mereka dalam berkomunikasi. Di darkweb terdapat berbagai layanan pesan yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara rahasia, seperti email anonim dan layanan obrolan tertutup.

Kenapa Dark Web Menjadi Ancaman?

1. Kejahatan Siber Meningkat

Deep web memberikan kesempatan yang luar biasa bagi para penjahat komputer untuk mengoperasikan aktivitas mereka tanpa terdeteksi. Dengan anonimitas yang tinggi, mereka dapat mencuri data pribadi, menyebarkan virus, atau bahkan menjual informasi rahasia negara.

2. Perdagangan Narkoba Tumbuh Pesat

Pasar narkoba di darkweb semakin berkembang pesat. Pengguna dapat dengan mudah membeli berbagai jenis narkoba tanpa khawatir ditangkap oleh pihak berwenang. Hal ini menjadi ancaman serius dalam upaya memberantas peredaran narkoba.

Baca Juga  10 aplikasi Baca Buku Digital

3. Penyebaran Konten Ilegal

Deepweb memudahkan distribusi konten ilegal seperti pornografi anak, perdagangan manusia, dan kekerasan. Anonimitas yang tinggi memungkinkan penyebaran konten ini tanpa rasa takut terkena tindakan hukum.

Bagaimana Cara Mengakses DeepWeb?

1. Menginstal Perangkat Lunak Tertentu

Untuk mengakses deep web, Anda perlu menginstal perangkat lunak seperti Tor atau i2p. Ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan tersembunyi secara anonim dan termasuk salah satu aplikasi yang rekomendasi untuk menjelajah ke deepweb.

2. Menggunakan Jasa VPN

Sebagai langkah keamanan tambahan, Anda juga dapat menggunakan jasa VPN (Virtual Private Network) untuk menyembunyikan identitas Anda saat mengaksesnya. VPN akan mengalihkan koneksi internet Anda melalui server yang terletak di lokasi yang berbeda, sehingga membuat jejak online Anda menjadi sulit dilacak.

3. Risiko dan Keamanan

Mengakses darkweb memiliki risiko yang tinggi. Anda bisa saja menjadi korban penipuan online, terinfeksi malware, atau bahkan terkena upaya peretasan. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap waspada dan berhati-hati saat mengakses situs-situs yang ada didalamnya.

Dark web adalah bagian tersembunyi dari internet yang berisi segudang aktivitas ilegal dan berbahaya. Melalui dark web, penjahat komputer menjalankan operasi mereka secara anonim, dan perdagangan narkoba serta penyebaran konten ilegal semakin meningkat. Untuk mengaksesnya memerlukan perangkat lunak khusus dan memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dan tidak melibatkan diri dalam aktivitas yang ilegal atau tidak sah di dalam situs tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *