6 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi hp Android Lemot

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi hp Android Lemot

Cara mengatasi android lemot memang menjadi menjadi permasalahan umum yang dialami oleh banyak pengguna dan banyak dicari terutama oleh pengguna Hp android. Saat aplikasi atau ponsel android lemot, rasanya sangat mengesalkan dan dapat mengganggu kinerja sehari-hari kita.

Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara cepat yang dapat membantu mengatasi masalah hp android lemot agar kembali berjalan dengan lancar.

Cara Mengatasi Android Lemot

Siapa sih yang suka jika lagi bermain dengan gadget tapi tidak bisa satset satset alias lemot. Memang masalah ponsel lemot sangat sering terjadi, namun apa jadinya ketika hp masih baru tapi sudah terasa lambat, berikut cara mengatasi android lemot yang bisa kamu coba.

1. Bersihkan RAM

Salah satu faktor utama yang membuat android lemot adalah RAM hp yang penuh atau terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang (background service).

RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan sementara untuk aplikasi yang sedang digunakan oleh hp kita. Ketika RAM penuh, hp android kita akan menjadi lemot karena tidak ada cukup ruang untuk menjalankan aplikasi dengan lancar.

Selain masalah RAM, penyebab lainnya adalah aplikasi yang tidak teroptimalkan atau terlalu banyak aplikasi yang diinstal di hp android kita. Beberapa aplikasi android mungkin berjalan secara terus-menerus di latar belakang, tanpa kita sadari. Hal ini dapat menguras baterai dan memperlambat kinerja hp kita.

Untuk mengatasi masalah tersebut berikut cara mengatasi android lemot, pertama-tama kita perlu membersihkan RAM. Caranya sangat mudah, kita dapat menggunakan fitur built-in atau aplikasi bawaan di hp android kita.

Baca Juga  8 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik Android Hasil Jernih
Cara membersihkan memory Whatsapp yang lemot
Cara mengatasi Whatsapp yang lemot
  1. Pergi ke pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi atau Pengelola aplikasi. Di sini, kita akan menemukan daftar semua aplikasi yang diinstal di hp kita.
  2. Pilih aplikasi yang tidak terlalu penting atau jarang digunakan.
  3. Pilih storage atau penyimpanan.
  4. Tekan tombol “Bersihkan data” atau “Hapus cache”.

Dengan membersihkan RAM, ruang kosong akan terbentuk dan hp android kita akan berjalan dengan lebih lancar.

2. Gunakan Aplikasi Pembersih Memori

CC Cleaner
Gunakan CC Cleaner untuk membuat tidak lemot

Selanjutnya, kita dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membersihkan RAM dan mempercepat hp android kita. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store, seperti Clean Master atau CCleaner.

Instal salah satu aplikasi tersebut, lalu jalankan pembersihan. Aplikasi ini akan membersihkan file sementara, cache, dan data yang tidak perlu, sehingga memberikan ruang lebih banyak pada RAM hp kita.

3. Aplikasi Latar Belakang

Setelah membersihkan RAM, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan kinerja aplikasi di hp android kita. Beberapa aplikasi mungkin berjalan secara terus-menerus di latar belakang, meskipun kita tidak sedang menggunakannya. Hal ini dapat menguras baterai dan memperlambat hp kita.

Pergi ke pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi atau Pengelola aplikasi. Di sini, kita dapat melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Matikan aplikasi yang tidak terlalu penting atau jarang digunakan untuk menghemat baterai dan mempercepat kinerja hp kita.

Selain itu, kita juga dapat membatasi data aplikasi yang berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi mungkin menggunakan data seluler atau Wi-Fi secara terus-menerus, meskipun tidak kita gunakan aktif. Pergi ke pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi atau Pengelola aplikasi. Di sini, kita dapat memilih aplikasi yang ingin kita batasi akses datanya. Tekan tombol “Paksa Berhenti” atau “Matikan Akses Internet” untuk menghentikan aplikasi tersebut dari menggunakan data yang berlebihan.

Baca Juga  Mengatasi Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri HP

4. Pasang Antivirus

AVG antivirus
AVG antivirus

Terkadang, masalah hp android lemot juga dapat disebabkan oleh adanya virus atau malware. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu menginstal aplikasi antivirus yang handal dan menjalankan pemeriksaan antivirus secara berkala. Beberapa aplikasi antivirus populer adalah Avast, McAfee, atau AVG.

Aplikasi ini akan memindai hp kita secara keseluruhan, dan menghapus virus atau malware yang ditemukan. Dengan menghilangkan virus atau malware, hp android kita akan berfungsi dengan lebih baik dan lebih cepat, karena cara mengatasi android lemot salah satunya dengan memasang antivirus.

5. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Uninstall aplikasi adalah satu cara mengatasi android lemot
Uninstall aplikasi adalah satu cara mengatasi android lemot

Cara mengatasi android lemot selanjutnya adalah menghindari menginstal terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu di hp android kita. Kamu bisa pilih aplikasi apa saja yang tidak penting atau yang memang jarang digunakan.

Semakin banyak aplikasi yang diinstal, semakin banyak juga sumber daya yang digunakan oleh hp kita. Hal ini dapat menyebabkan hp android menjadi lemot dan baterai cepat habis. Jadi, pilihlah aplikasi yang benar-benar kita butuhkan dan hindari menginstal aplikasi yang tidak perlu.

6. Update sistem Operasi

Update OS android
Update OS android

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan update sistem operasi hp android kita. Pembaruan sistem operasi biasanya menghadirkan perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan peningkatan performa. Jadi, pastikan hp android kita selalu terhubung dengan internet dan lakukan update sistem operasi secara teratur.

Kesimpulan
Dalam mengatasi masalah android lemot, haruslah diingat bahwa setiap hp android memiliki spesifikasi dan kondisi yang berbeda. Beberapa cara di atas mungkin berhasil untuk beberapa orang, namun tidak untuk yang lain. Jadi, eksperimenlah dengan beberapa cara yang ada, dan temukan metode yang paling tepat serta cara mengatasi android lemot yang cocok.

Baca Juga  6 Game Offline Android dengan Grafik yang Paling Keren 2023

Demikianlah beberapa cara mengatasi android lemot. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan hp android Anda dapat kembali berjalan dengan lancar dan tidak lemot lagi. Tetaplah menggunakan hp android Anda dengan bijak dan jaga agar kinerjanya tetap optimal. Selamat mencoba!